KPU Kalsel Bersama Milenial Penggiat Alam Kibarkan Merah Putih Raksasa di Puncak Bandangan

Proses pengibaran bendera Merah Putih 150m² atau panjang 15 meter dan lebar 10 meter. (foto: rizqon)

MARTAPURA, klikkalsel.com – KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) punya cara tersendiri dalam memperingati HUT ke-77 RI. KPU Kalsel bersama ratusan milenial penggiat alam dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar melakukan camping hari kemerdekaan dan upacara pengibaran bendera Merah Putih raksasa di puncak Bukit Bandangan, Rabu (17/8/2022).

Rasa suka cita mewarnai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI pyang diikuti ratusan peserta. Terlebih saat prosesi pengibaran bendera Merah Putih ukuran 150 m² atau panjang 15 meter dan lebar 10 meter.

Dengan penuh rasa bangga dibalut semangat perjuangan, ratusan peserta upacara yang rata-rata masih berusia 17-20 tahun itu tampak begitu hati-hati saat proses menaikan bendera di tengah angin kencang. Alhasil tali bendera dapat dipasang dengan sempurna dan siap bendera dikibarkan.

Sang Merah Putih berkibar gagah di puncak Bukit Bandangan, Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

“Lapor bendera siap,” ujar pemimpin upacara kepada pembina upacara yakni Komisioner KPU Kalsel Edy Ariansyah.

Lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya mengiringi pengibaran bendera oleh para peserta upacara dengan penuh penghayatan. Saat bendera tepat di puncak tiang, hembusan angin kencang membuat sang merah putih berkibar gagah.

Baca Juga : KPU Kalsel Coret 11 Ribu Pemilih Ganda

Baca Juga : Bupati Tabalong Kukuhkan Paskibraka Tahun 2022

Upacara turut dihadiri, Komisioner KPU Kalsel lainnya yakni Siswandi Reya’an dan Nur Zazin, dan Ketua Bawaslu Banjarbaru Dahtiar serta staf KPU dan Bawaslu di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Konsep upacara ini datang dari Edy Ariansyah Komisioner KPU Kalsel yang membidangi divisi sosialisasi pendidikan pemilih dan pendidikan masyarakat. Dia menerangkan pengibaran bendera merah putih di momen HUT ke-77 RI bersama kalangan milenial bertujuan untuk memperkokoh semangat kebangsaan.

Kemerdekaan dalam hal demokrasi, ujarnya memilih dalam Pemilu adalah hak setiap warga negara merdeka menggunakan hak pilihnya. Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya mengaktivasi kesadaran pemilih di momen HUT RI ke-77 dengan kegiatan Camping Pemilu pada 16 Agustus dan dilanjutkan upacara pengibaran bendera.

Jajaran KPU Kalsel bersama peserta Camping Pemilu dan Upacara HUT RI ke-77.

“Kegiatan ini semi partisipatif para pemilih pemula, kami hanya memfasilitasi beberapa item dan bekerjasama dengan berbagai elemen termasuk dukungan pemerintah desa Padang Panjang, BPBD dan masyarakat dan kelompok sadar wisata Desa Padang Panjang dan seluruh masyarakat Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Salah satu peserta Camping Pemilu dan pengibaran bendera Merah Putih, Muhammad Hilmi mengaku begitu terkesan. Sebab kegiatan yang digelar KPU Kalsel sangat seirama dengan hobi kalangan milenial. Baginya ini adalah pengalaman pertama, banyak membawa manfaat serta menambah wawasan seperti diajarkan untuk lebih disiplin dan bertanggungjawab.

“Ini sangat bermanfaat, kami dapat berbagi pendidikan materi dan diajarkan dalam kepanitiaan,” ucapnya.

Adapun materi dalam kegiatan pendidikan pemilih pemula melalui Camping Pemilu antara lain pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi, mengenal tahapan pemilu, mengenal pemangku kepentingan dalam pemilu. Kemudian, mencegah vote buying, hoaks, hate speech dan politisasi SARA dan perenungan hari kemerdekaan. (rizqon)

Editor: Abadi