Sabtu, September 25, 2021

KPPG dan AMPG Kalsel Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah Untuk PMI Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pengurus Daerah Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PD-KPPG) dan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengelar aksi kemanusiaan donor darah sebagai bentuk kepedulian sesama.

Kegiatan tersebut, digelar di gedung Sekretariat DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Rabu (7/7/2021).

Selain anggota internal partai berlogo pohon beringin itu, pendonor juga tak sedikit datang dari warga Banjarmasin di luar kepengurusan partai.

Ketua PD-KPPG Kalsel, Hj Hardiyanti mengatakan, kegiatan aksi kemanusiaan ini diselenggarakan oleh KPPG dan AMPG bekerjasama dengan UDD PMI Kota Banjarmasin, untuk membantu pemenuhan stok darah di UDD PMI Kota Banjarmasin.

“Untuk membantu kekosongan stok darah di UDD PMI Kota Banjarmasin. Targetnya dalam aksi donor darah kali ini, KPPG dan AMPG menargetkan sebanyak 100 kantong darah,” kata Hardiyanti.

Ia berharap, dengan kegiatan ini semoga bisa membantu kondisi kekurangan stok darah.

Ketua PD AMPG Kalsel H Troy Satria yang diwakili oleh Sekretaris DPD AMPG Kalsel, Ari Bimo Gagah Perkoso menuturkan, selain menjalankan program Partai Golkar, Bakti sosial kemanusiaan donor darah ini, juga bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam hal pemenuhan stok darah.

“Karena saat pandemi covid-19 ini banyak kekurangan stok darah paling tidak dari partai Golkar, kami (AMPG) bersama KPPG bisa mensukseskannya dalam hal pemenuhan stok darah,” jelasnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Bimo juga mengatakan, kegiatan ini mengikuti anjuran pemerintah dengan melakukan bakti kemanusiaan donor darah agar membantu masyarakat yang membutuhkan.

“AMPG juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan mengajak seluruh anggotanya untuk mendonorkan darahnya sebagaimana diketahui stok darah di PMI saat ini dalam masa sulit,” tuturnya.

Selain itu, di masa pandemi Covid-19 AMG juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Unit Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit saat dikonfirmasi klikkalsel.com membenarkan, beberapa hari yang lalu stok darah di tempatnya sempat menipis. Namun bukan kosong secara menyeluruh.

“Karena yang kosong itu kebanyakan salah satu jenis atau golongan darah saja. Misalnya O atau AB. Golongan darah itu paling banyak dicari orang dan mita memang sering kehabisan stok,” tuturnya salah satu dokter yang mengabdikan dirinya di organisasi kemanusiaan itu.

Ia mengungkapkan, satu rumah sakit saja bisa bisa memerlukan 100 kantong darah dalam sehari yang digunakan untuk penanganan pasien di rumah sakit. Seperti yang ada di IGD, operasi, belum lagi yang cuci darah setiap bulannya.

“Makanya kami (UDD PMI Kota Banjarmasin) selalu memerlukan pendonor setiap harinya. Minimal kita bisa menjaga 50 sampai 100 pendonor per harinya. Jadi sangat penting untuk melestarikan pendonor,” jelasnya.

Kendati demikian, ia bersyukur KPPG dan AMPG mau mengekar kegiatan donor darah dan membantu mengatasi persedian stok darah di PMI Kota Banjarmasin.

“Alhamdulillah semakin banyak instansi, organisasi, partai politik yang mau berpartisipasi untuk berdonor darah. Saya harap supaya instansi yang belum bisa melaksanakannya juga,” pungkasnya. (airlangga)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan