Budaya  

Komedi Peraih Juara 1 Festival Teater si Palui 7, Tampil di Pentas Selamat Datang UIN Antasari

Pentas Selamat Datang UIN Antasari Banjarmasin yang menampilkan Teater Komedi Peraih Juara pertama dan sejumlah penghargaan di Festival Teater Si Palui 7

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sanggar Bahana, Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, menggelar Pentas Selamat Datang di Auditorium Mastur Jahri, UIN Antasari.

Kegiatan Pentas Selamat Datang mempersembahkan pentas seni dengan judul “Nyaman Dipandang Kalat Dimuntung” yang mana teater komedi ini peraih beberapa penghargaan dalam festival teater si palui 7 yang diselenggarakan Sanggar Titian Barantai, UNISKA Banjarmasin pada Juli 2022 lalu.

Pentas Selamat Datang ini, dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru UIN Antasari, Banjarmasin.

Disampaikan Penulis Naskah Nyaman Dipandang Kalat Dimuntung, Abe Rahardian, bahwa kegiatan ini merupakan program taunan dari Sanggar Bahana.

“Sebenarnya sebelumnya kita sudah sering melaksanakan Pentas Selamat Datang ini, tapi saat pandemi kegiatan ini jadi terhenti, dan sekarang baru dimulai kembali,” terangnya.

Selain itu ia juga menerangkan bahwa pentas yang dibawakan yakni Nyaman Dipandang Kalat Dimuntung ini sasaran lebih jauh ke arah sosialisasi menara pandang dan susur sungai yang ada di Banjarmasin.

“Tempat itu adalah cerminan orang banjar, kalau bersih dan rapi, itu baik. Seperti itu juga orang memandang orang banjar,” ucapnya.

“Maka sebab itu mari kita jaga dan rawat. Agar tidak buang sampai ke sungai dan lainnya. Kemudian dari sisi sosialnya, kegiatan ini bisa diperhatikan agar kultur banjar selalu terjaga. Beradab dan sopan. Karena di seberang ada mesjid Sabilal Muhtadin,” sambungnya.

Baca Juga : Paman Birin Apresiasi Manis Street Food Festival Meriahkan MTQ Nasional

Baca Juga : Jurnalis Banjarmasin Post Libas Semua Lawannya Saat Seleksi eSport

Selain itu juga kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan Sanggar Bahana kepada para Mahasiswa baru di UIN Antasari Banjarmasin.

Sehingga para mahasiswa baru tersebut bisa berminat dan bergabung dalam kesenian.

“Kami siap untuk menyambut mereka. Karena kuliah bukan hanya sekedar duduk di kelas. Tapi juga organisasi adalah penunjang bekal nantinya di masyarakat,” bebernya.

Dengan kembali terlaksananya kegiatan pentas selamat datang ini, pihaknya tentu merasa senang. Juga banyak pihak yang menyambut baik dengan kembali terlaksananya kegiatan tersebut.

“Semua sangat menyambut baik, karena sangat rindu adanya pertunjukan lagi di kampus,” ungkapnya.

“Kemarin kegiatannya dilakukan di sore hari, Karena kita terhalang kebijakan kampus yang meminta agar tidak ada kegiatan malam,” lanjutnya.

Abe pun berharap agar kedepannya kegiatan kesenian di kampus selalu didukung oleh pihak kampus. Terlebih teater.

“Lebih syukur lagi bisa pentas malam kembali. Soalnya teater ini lebih ideal dimainkan malam hari. Kemudian harapan untuk mahasiswa baru bisa bergabung dalam sanggar untuk menyalurkan bakat seninya,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran