Ketua TPPS Batola Zulkipli Pimpin Sweeping Pengukuran dan Penimbangan Balita ke Sembilan Kecamatan

Ketua TPPS Batola Zulkipli Yadi Noor saat ikut turun langsung melakukan upaya penurunan dan pencegahan stunting di Batola (kominfobatola)

MARABAHAN, klikkalsel.com – Upaya Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) untuk menurunkan dan mencegah stunting semakin intensif. Yaitu dengan Satgas Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Batola turun serentak ke sembilan kecamatan yang masih memiliki angka capaian penimbangan dan pengukuran di bawah 95 persen.

Kegiatan itu dipimpin Ketua TPPS Batola Zulkipli Yadi Noor pada Rabu (3/7/2024) kemarin ke sembilan kecamatan tersebut.

Diantaranya, di Kecamatan Tabukan, desa Karya Makmur, Zulkipli secara langsung memantau proses penimbangan dan pengukuran balita.

Didampingi oleh Camat Tabukan, Kapolsek, anggota TNI, Kepala Puskesmas, Kades, dan tim Satgas Kabupaten, kegiatan sweeping door-to-door ini berlangsung lancar.

Baca Juga Kadiskominfo Batola Buka Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Ideologi Pancasila oleh DPRD Kalsel

Baca Juga Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 Di Batola Usung Tema Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas

Disela kegiatan, Zulkipli mengungkapkan rasa syukurnya atas respon positif dari orang tua balita di 11 desa dan 6 RT yang terlibat dalam pelaksanaan sweeping ini.

“Penimbangan dan pengukuran balita merupakan strategi pemerintah untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan anak guna melihat prevalensi stunting,” ujarnya.

Data anak yang diperoleh kemudian diinput menggunakan Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) oleh Pemkab Barito Kuala.

Zulkipli tak memungkiri jika memang terdapat berbagai masalah mengapa orang tua enggan datang ke posyandu.

Beberapa di antaranya dilarang oleh suami, anak yang diasuh oleh neneknya, pertimbangan jarak, dan berbagai alasan lainnya,” jelasnya.

“Namun, secara umum responnya bagus. Kami berharap cakupan pengukuran balita di Kabupaten Barito Kuala dapat mencapai target 95%. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses sweeping ini,” sambung Zulkipli, Ketua TPPS Batola itu. (adv)

Editor: Abadi