Kebakaran Lahan Mulai Serang Lahan Gambut, Warga Pengayuan Sempat Dibuat Panik

BANJARBARU, klikkalsel.com – Kebakaran lahan terjadi di kawasan Desa Pengayuan Kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Selasa (21/9/2021).

Dari pantauan klikkalsel.com, api dengan cepat merembet di tengah lahan gambut. Cuaca panas dan tiupan angin yang kencang membuat api dengan cepat merembet mendekati perumahan warga.

Hal tersebut sempat membuat sebagian warga panik, hingga beberapa diantaranya mengemasi dan mengevakuasi barang berharga miliknya.

Pemadam kebakaran swasta setempat bersama warga sekitar sempat berusaha memadamkan api dan menghalau agar tidak mengenai perumahan warga. Namun cepatnya kobaran api membuat mereka akhirnya harus meminta pertolongan kepada pemadam kebakaran dari Banjarmasin dan sekitarnya.

Tak selang lama puluhan pemadam kebakaran swasta dan BPBD Provinsi Kalimatan Selatan berdatangan ke lokasi untuk membantu warga.

Meski tak berhasil memadamkan kebakaran lahan yang lokasi cukup luas tersebut, namun upaya bersama tersebut membuat api tak sampai mengenai rumah warga.

Lurah setempat, Adi Royan saat ditemui klikkalsel.com menuturkan, kebakaran lahan di wilayahnya ini sudah terjadi sejak tiga hari terakhir, namun kondisinya tidak separah hari ini.

“Yang parah baru sejak tadi pagi. Apinya dengan cepat berkobar dan berpindah-pindah,” ucapnya.

Bukan tanpa usaha, sebenarnya ujar Lurah dua unit Heli Waterboombing sudah mondar-mandi sejak kemarin untuk memadamkan api. Namun lahan gambut yang kering membuat upaya tersebut tidak berbuah maksimal.

“Sangat kering (lahan gambut), sudah dua minggu ini tidak ada hujan. Seandainya hujan pun intensitasnya rendah dan hanya bersifat lokal saja,” lanjutnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini tidak ada rumah warga yang menjadi korban kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan, pemadam kebakaran dan heli Waterboombing terus bekerja untuk memadamkan api. (david)

Editor: Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan