Kampus Unukase Bentuk Satgas PPKS

Rektor Unukase Dr.Ir.H. Abrani Sulaiman

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Upaya pencegahan dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, terutama dalam menciptakan kenyamanan baik di masyarakat sekitar maupun di lingkungan kampus.

Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (Unukase) membentuk Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

Rektor Unukase Dr H Abrani Sulaiman mengatakan, kekerasan seksual merupakan masalah serius yang telah lama menghantui berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali di lingkungan perguruan tinggi pun bisa terjadi.

“Sebagai penanggung jawab dalam pengelola perguruan tinggi harus menciptakan rasa aman tersebut,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2024)

Keberadaaan PPKS di Unukase juga akan diperkenalkan pada saat oreantasi mahasiswa baru, agar mahasiswa nantinya mengetahui bahwa Unukase memiliki perlindungan dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual di Kampus.

“Nanti kita akan melakukan orientasi kepada mahasiswa baru dan saat itu diperkenalkan PPKS. Agar mahasiswa ataupun Dosen jika terjadi perlakukan kekerasan seks mereka PPKS dapat membantunya,” ucapnya.

Baca Juga 120 Kamar ber-AC di Kampus 1 BPSDM Kalsel Dijadikan Penginapan Gratis Jemaah Haul Datu Kelampayan

Baca Juga Boleh Kampanye di Kampus, Wadah Mahasiswa Kritisi Peserta Pemilu

Selain itu keberadaan PPKS harus mendapatkan dudukangan semua pihak baik civitas ataupun masyarakat sekitar.

“Bagi PPKS sendiri harus pula menjalin hubungan baik pula dengan mahasiswa, dosen. Komunikasi yang terbuka dan saling menghormati adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang aman,” ucapnya.

PPKS dibentuk pada 9 Juli 2024 dikampus Unukase di kawasan A yani. Dengan harapan, keberdaan PPKS di kampus berjalan sesuai dengan semestinya, agar perlakukan kekerasan bisa dicegah.

“Mudahan ini jadi kepentingan yang sangat baik untuk Kampus,” katanya. (azka)

Editor : Akhmad