Harjad Banjarmasin ke 495, Forkopimda Ziarah ke Makam Raja Banjar, Ibnu Sina: Pelihara Peninggalan Sejarah

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Rangkaian Hari jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 495, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banjarmasin mengikuti ziarah ke makan Sultan Suriansyah, di Jalan Kuin Utara, Banjarmasin Utara.

Ziarah yang dilakukan merupakan tradisi Pemko Banjarmasin setiap kali menyambut Hari Jadi Kota Banjarmasin, yang mana saat ini umur dari Kota Banjarmasin ini sudah hampir lima abad.

Di hari jadi Kota Banjarmasin yang ke 495 ini, Forkopimda Banjarmasin tidak hanya melakukan doa bersama dan berziarah ke makam raja Banjar. Seluruh Pimpinan daerah di Banjarmasin ini juga menyempatkan untuk mengunjungi museum Sultan Suriansyah di Komplek Makam Sultan Suriansyah.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor, usai melakukan ziarah dan mengunjungi museum Sultan Suriansyah, menyampaikan bahwa sebelumnya kondisi museum peninggalan barang-barang bersejarah ini sempat sangat memprihatinkan.

Namun saat ini setelah dilakukan beberapa renovasi, keberadaannya sudah jauh lebih baik dan koleksi peninggalan kerajaan Banjar ini pun juga tertata dengan rapi.

“2 bulan lalu kondisnya sangat memprihatinkan. Sekarang sudah bagus, tertata rapi dan koleksinya juga lengkap,” ujarnya, Jumat (24/9/2021).

Hal itu lah yang menurut Ibnu sesuatu bentuk tindakan untuk memuliakan perjuangan yang sudah dilakukan pendiri kota Banjarmasin. Sehingga museum ini secara tersirat bisa berbicara mengenai tentang sejarah kota berjuluk seribu sungai ini.

“Begitulah cara kita memuliakan pendiri kota Banjarmasin. Mudahan museum ini bisa berbicara tentang sejarah kota ini,” imbuhnya.

Ia berharap, agar seluruh lapisan masyarakat bisa turut menjaga dan memelihara keberadaan museum Sultan Suriansyah, hingga dapat dinikmati oleh genarasi yang akan datang.

“Mari kita jaga kita pelihara bersama-sama museum ini,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan