Gelar Bimtek PUG, Pemkab Tabalong Ingin Wujudkan Perencaanaan dan Penganggaran Responsif Gender

Pemkab Tabalong ketika menggelar Bimtek PUG bagi SKPD

TANJUNG, Klikkalsel.com – Pemerintah Tabalong upayakan mewujudkan Perencaanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di daerah.

Dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabalong menggelar Bimbingan Teknis Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi SKPD pada Senin (27/11/2023).

“Dalam mewujudkan PPRG di daerah perlu dilakukan PUG di lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong,” ujar Kepala BKPSDM Tabalong, Rusmadi di Hotel Jelita Tanjung.

Rusmadi mengatakan, Bimtek tersebut dilakukan juga untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender, melalui pengintegrasian pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki.

Baca Juga Pengembangan Usaha Koperasi, Bupati Tabalong Harapkan Sejajar BUMN dan Swasta

Baca Juga Tertib Ukur, Tiga Pasar di Tabalong Dapat Pemghargaan dari Menteri Perdagangan

Rusmadi berharap SKPD terkait dapat membuat acuan dasar dari setiap kegiatan maupun program yang dilakukan karena berhubungan erat dengan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Rencana Kerja (RENJA).

Sementara Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, melalui Asisten Administrasi dan Umun, Subhan mengatakan PUG menjadi salah satu strategi yang digunakan pemerintah dalam mengatasi berbagai yang kompleksitas masalah kesenjangan gender.

Selain itu PUG juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan fungsional utama semua instansi dan lembaga pemerintah, lembaga masyarakat serta semua elemen di tingkat pusat dan daerah.

“Kita perlu menyadari kebutuhan dan pengalaman hidup perempuan dan laki-laki jelas berbeda. Oleh karenanya penting untuk melakukan analisa gender agar bisa mengenali kebutuhan perempuan dan laki-laki yang belum terpenuhi dan dapat mengeluarkan program dan kebijakan yang lebih tepat sasaran,” jelasnya. (dilah/adv)

Editor: Abadi