BANJARMASIN, klikkalsel – Forum Konsultasi Publik diminta rutin dan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.
Sebab, melalui forum itu Pemko bisa sinergikan penyelenggaraan layanan publik yang lebih maksimal.
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Nurcholis Majid mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut, program dan inovasi yang selama ini dikerjakan, serta prestasi yang diraih Pemko Banjarmasin bisa diketahui publik.
“Bahkan ada kritik maupun saran bisa disampaikan. Jadi, forum konsultasi ini ditujukan agar bisa mengetahui publik,†katanya, Rabu (4/7/2018).
Menurutnya, layanan publik Pemko Banjarmasin sejak 2016 sudah masuk dalam zona hijau.
Namum, kata dia, masih ada maladministrasi di Banjarmasin, walau terbilang rendah dan kemungkinan penyimpangan-penyimpangan atau keluar dari prosedur, minim terjadi.
Nurcholis mengingatkan, menyangkut pelayanan publik, selalu akan dinilai oleh masyarakat. Bahkan, kebijakan publik akan mendapat penilian hingga generasi mendatang.
“Siapapun pejabat yang bertugas akan dinilai setelah melanjutkan tugas. Oleh karena itu, mumpung pejabat tersebut masih menjabat, maka lakukanlah inovasi ataupun perbaikan tentang pelayanan publik. Sehingga setelah dia tidak menjabat lagi, maka orang akan mengingat bahwa ada perubahan yang dibawanya,†pungkasnya. (fachrul)
Editor : Farid