Jumat, Januari 21, 2022

Eksplore Wisata Pagat Batu Benawa, Vertical Rescue Indonesia Buatkan Empat Jalur Panjat Tebing Baru

BARABAI, klikkalsel.com – Sejumlah personil para penggiat alam dari Vertical Rescue Indonesia (VRI) dan penggiat alam lokal menjelajahi atau mengeksplore wisata Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (1/9/2021).

Dalam eksplorasinya, para penggiat alam tersebut menyambangi Pegunungan Karst dan membuatkan 4 jalur panjat tebing baru di lokasi wisata tesebut.

Pembuatan jalur tersebut merupakan bentuk pengabdian lanjutan Vertical Rescue Indonesia kepada masyarakat setempat.

Sebelumnya, VRI juga sudah membangunkan jembatan gantung perintis di Desa Alat, Kecamatan Hantakan HST, merespon dari keluhan masyarakat setempat yang sudah 9 kali hancur jembatan darurat semenjak pasca diterjang banjir bandang 14 Januari silam.

Mustofa salah satu personil Vertical Rescue Indonesia Regional Kalimantan Selatan (Kalsel) menuturkan, sebelumnya di Pegunungan Karst ini sudah ada jalur panjat tebing alam yang pernah dibuat.

“Sekitar tahun 1998 saya terakhir kesini melakukan pemanjatan. Sebelumnya ada jalur yang pernah kita buat juga. Akan tetapi karena sudah lama tidak dijelajahi, alam kembali mengambil alih,” ungkapnya.

Baca Juga : RPK Bersama Vertical Rescue Indonesia Akan Bangun Jembatan Gantung Desa Alat HST

Menurutnya, di Pegunungan Karst tersebut medannya begitu menantang, serta alamnya masih lumayan terjaga karena berada di wilayah Pegunungan Meratus HST, yang notabene keras menolak pertambangan.

Baca Selengkapnya di Halaman Selanjutnya :

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
28,880PengikutMengikuti
630PelangganBerlangganan