DPRD Banjarmasin Ajak Warga Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali.

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Jelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, warga diharapkan mengurangi penggunaan kantong plastik untuk bungkus daging kurban.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali mengimbau, masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik terutama dalam pembagian daging kurban.

Politisi dari Partai Golkar ini menyarankan, agar masyarakat beralih menggunakan media yang ramah lingkungan seperti bakul atau bahan lain yang tidak menggunakan plastik.

“Imbauan ini bertujuan untuk membantu mengurangi sampah plastik dan menjaga kebersihan dari strilisasi daging kurban,” katanya.

Baca Juga Dewan Berharap Duta Mall Lunasi Tunggakan Pajak Parkir

Baca Juga Lantik Dewan Pendidikan, Bupati Balangan : Harus Bisa Jadi Mitra Pemerintah

Matnor menambahkan, masyarakat Banjarmasin saat pelaksanaan Idul Adha banyak melaksanakan ibadah kurban sehingga imbauan yang dilakukan ini guna memperkecil penggunaaan kantong plastik.

“Kita lebih baik menggunakan bakul kecil dan pakai kantong dari limbah daun atau kulit jagung. Kita mengarah ke ramah lingkungan dan kita ketahui di pasar moder di Banjarmasin kita tidak menggunakan kantong plastik. Jadi kita memperkecil penggunaan,” sebutnya.

Sebelumnya, kampanye mengurangi sampah kemasan plastik juga terus digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Bahkan sejak beberapa tahun belakangan, Pemko Banjarmasin berinisiatif membagikan kemasan bakul ke beberapa panitia kurban. (farid)

Editor : Amran