Dosen FKIP ULM Dilatih Penulisan Jurnal Internasional

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Menulis jurnal ilmiah merupakan bagian dari pekerjaan sebagai dosen.

Jurnal menjadi acuan untuk para peneliti lainnya yang sedang melakukan kegiatan penelitian yang sejenis.

Untuk itu, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melakukan kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah internasional di lingkungan Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ULM .

Prof Agung Nugroho Wakil Direktur Bidang Akademik dan kemahasiswaan Pascasarjana ULM mengatakan, publikasi jurnal ilmiah umumnya dalam bentuk artikel meliputi laporan penelitian, review literatur, proposal mengenai teori yang belum diuji atau artikel opini.

“Dimana penulisan ini harus disemangati kepada para dosen untuk melakukannya,” katanya, Sabtu (25/9/2021).

Sebab tuntutan tersebut sangat kuat untuk menaikan karir dosen, baik sebgai pengajuan penelitian maupun kenaikan jabatan fungsional dan tunjangan kesejahteraan.

“Agar mereka terutama dosen untuk terus bisa menghasilkan publikasi jurnal internasional,” ucapnya.

Ditambahkannya pula dalam penulisan jurnal jangan berpikiran, dalam melakukan penulisan jurnal merupakan hal yang sulit dilakukan, sebab banyak diantara dosen menganggap, penulisan jurnal terlebih bisa terpublikasi internasional sangat susah.

“Mulailah dari hal yang terkecil dulu, seperti melakukan tulisan yang dianggap mudah dan gampang, contoh menulis sesuai dengan bidang pengajaran masing-masing,” katanya.

Sementara Ketua Jurusan FKIP Dr Ali Rachman mengatakan, dalam kegiatan tersebut diikuti 55 dosen yang terdiri dari 9 program Studi FKIP ULM seperti Program Studi Bimbingan Konseling, PGSD, PG PAUD, PKH. Teknologi Pendidikan dan lainnya.

“Dengan mereka mengikuti pelatihan penulisan mampu kiranya mendapat sebuah pengalaman dan tata cara penulisan khususnya penulisan Jurnal, sehingga jenjang karir mereka bisa terus baik” katanya.

Ditambahkannya pula, bukan hanya sebagai prasyarat semata tetapi hal tersebut juga dilakukan untuk masa depan bangsa Indonesia.

Publikasi jurnal ilmiah internasional bereputasi juga menjadi bukti utama orisinalitas penelitian yang dilakukan, serta dapat menjadi modal rekam jejak peneliti sebagai akademisi. Lebih luas lagi adalah peneliti dapat membangun jejaring internasional melalui publikasinya tersebut.

“Semoga dengan kegiatan pelatihan tersebut dapat membawa para dosen ke arah yang lebih baik dalam dunia pendidikan,” pungkasnya. (azka)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan