Disodori Soal Essay Berbeda, Seleksi Panwaslu Kecamatan di Tabalong Diikuti Ratusan Peserta

Para peserta ketika ikuti tes tertulis seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan di Tabalong

TANJUNG, Klikkalsel.com – Ratusan peserta mengikuti tes tertulis seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 di Kabupaten Tabalong pada Selasa (14/5/2024).

Tes tertulis menggunakan metode CAT dan essay tersebut dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Tabalong, di Laboratorium Komputer SMKN 1 Tanjung.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tabalong, Muhammad Zainudin mengatakan, dua sesi tes tertulis itu diikuti 112 peserta dari 117 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Berdasar daftar hadir kedua sesi pelaksanaan terdapat lima peserta tidak hadir dengan berbagai sebab tidak bisa mengikuti tes tertulis,” katanya.

Ia mengungkapkan, tes tertulis dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pertama dilaksanakan pada pukul 11.45-14.00 WITA dan sesi kedua dilaksanakan pada pukul 14.30-16.45 WITA.

Zainudin juga mengatakan, tes tertulis calon anggota panwaslu kecamatan terbagi dua paket, yakni paket CAT berisi 100 soal pilihan ganda dan paket essay sebanyak 10 soal.

“Soal tes tertulis ini merupakan hasil penelaahan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi bersama para tenaga ahli dan narasumber yang berkompeten di bidang bahasa, evaluasi pendidikan dan kepemiluan yang difasilitasi oleh Bawaslu,” timpal H Taberani, anggota Bawaslu Tabalong.

Baca Juga : Model Penerapan Kota Cerdas, Diskominfo Tabalong launching Smart City

Baca Juga : Kantongi Dugaan Pelanggaran Netralitas Pilkada 2024, ASN Bandel Bakal Dipanggil Bawaslu Kalsel

Taberani juga mengungkapkan soal tes tertulis antara lain berupa pengetahuan Pancasila, UUD 1945, penyelenggaraan pemilihan, ketatanegaraan, kepartaian serta kelembagaan dan pengawasan pemilihan.

“Untuk menguji kemampuan dan kemandirian setiap peserta diberikan lembar soal essay yang berbeda. Walau bersebelahan mengerjakan essay namun soalnya berbeda,” tuturnya.

Dijelaskan juga bahwa lembar soal essay untuk peserta seleksi sesi pertama berbeda dengan peserta seleksi sesi kedua.

“Soal essay yang berbeda untuk setiap peserta juga berlaku di kabupaten kota lain. Karena distribusi soal essay langsung dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Diketahui, hasil tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 17 Mei 2024 setelah rekapitulasi penilaian tes tertulis oleh Bawaslu Provinsi Kalsel.

“Bagi peserta pendaftar baru yang lolos tertulis akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 18-20 Mei 2024,” tutupnya. (dilah)

Editor: Abadi