Diduga Umur Bangunan Sudah Tua dan Gagal Kontruksi, Ruko 3 Lantai Alfamart di Gambut Rata dengan Tanah

Proses evakuasi korban runtuhan bangunan Alfamart Jalan A Yani Km 14 Kabupaten Banjar

MARTAPURA, klikkalsel.com – Runtuhnya bangunan ruko 3 lantai ritel modern Alfamart di Jalan A Yani Kilometer (Km) 14 diduga lantaran umur bangunan yang sudah tua dan juga gagalnya kontruksi bangunan.

Runtuhnya bangunan tersebut memakan sebanyak 16 orang korban baik pengunjung maupun pekerja Alfamart.

Disampaikan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikhwanto, akibat runtuhnya bangunan tersebut pihak gabungan Basarnas, BPBD Banjarmasin dan Relawan masih melakukan evakuasi di reruntuhan bangunan tersebut.

“Saat ini data yang kita dapatkan ada sebanyak 8 orang korban selamat, 3 orang meninggal dan 5 orang masih dalam tahap pencarian,” jelasnya Senin (18/4/2022).

Baca Juga : Bangunan Alfamart Gambut Roboh: Kala Musibah Jadi Ajang Tontonan Warga

Baca Juga : Update Terkini Runtuhnya Bangunan Alfamart, 8 Korban Selamat 3 Meninggal Dunia

Selain itu, Rikhwanto juga menyampaikan bahwa robohnya bangunan tersebut diduga lantaran umur bangunan yang sudah berusia hampir 20 tahun.

“Gedung ini berusia hampir 20 tahun dan sering terendam air gambut sehingga kontruksi sudah tidak seperti awal di bangun,” ungkapnya.

“Jadi pada saat sebelum kejadian warga sekitar mengaku adanya dentuman-dentuman sebanyak delapan kali yang terjadi menandakan adanya retakan dan kontruksi yang patah,” sambungnya.

Karena dugaan kontruksi yang gagal tadi, pihaknya sudah menghubungi Laboratorium Forensik Surabaya untuk memeriksa dugaan robohnya bangunan Alfamart tersebut.

“Kemungkinan besok sudah bisa datang untuk mengecek kontruksi yang sudah ada dan mengapa menjadi bisa roboh,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran