Desa Hilir Muara Raih Penghargaan Juara 3 Lomba Desa Pangan Aman Nasional

KOTABARU, klikkalsel.com – Desa Hilir Muara Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, menerima penghargaan dan apresiasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, pada Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional Tahun 2024 yang diserahkan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Udaha Pangan Olahan berlangsung di Auditorium Gedung Merah Putih Lantai 8, Kantor BPOM RI Jakarta Pusat pada Jumat (21/06/2024)

Penghargaan dan apresiasi yang diberikan ini dalam rangka rangkaian dari Program Sapa (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman), dimana penilaian Lomba Desa Pangan Aman tersebut dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2024 oleh tim penilai dari Kementrian Koordinasi Bidang PMK, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Pertanian, Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementrian Kesehatan, BKKBN Badan Pangan Nasional dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Pada kesempatan ini, Desa Hilir Muara dalam mewakili Kabupaten Kotabaru dalam Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional Tahun 2024 ditetapkan sebagai juara 3 dari beberapa Desa yang masuk nominasi lomba, sedangkan Juara 1 Bali dan Juara 2 Mamuju.

Baca Juga Sekda Kotabaru Hadiri Milad Organisasi Wanita Muhammadiyah Aisyiyah Ke 107

Baca Juga 30 Tahun Pengabdian, Alumni AKABRI 94 Gelar Bakti Sosial di Kotabaru

Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, Ema Setyawati, yang diterima langsung oleh Kepada Desa Hilir Muara Kotabaru, Usman, dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak, bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kotabaru Zaenal Arifin.

Perlu diketahui, penghargaan tersebut diraih juga atas dukungan dan komitmen Bupati Kotabaru Sayed Jafar, yang tertuang dalam kesepakatan Bersama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru Nomor HM.03.01.22A.22A4.09.21.4798 Nomor 3 Tahun 21 tentang Pengawasan Obat dan Makanan Terpadu di Wilayah Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan itu nuga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan Dinas-Dinas terkait, terutama Dinas Kesehatan Kotabaru dalam bentuk Pengawasan Keamanan Pangan, Pengawasan Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan, pengawasan dalam hal ini tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pengolahan makanan, terselenggaranya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Penanggulangan KLB Keracunan Pangan, serta fasilitas sanitasi di area publik.

Dan, telah dilakukan pembinaan terhadap 3 (tiga) Desa di Kabupaten Kotabaru dalam Program GKPD yaitu, Desa Tegal Rejo, Desa Sebelimbingan dan Desa Hilir Muara pada tahun 2023. Desa Hilir Muara juga diajukan untuk mengikuti seleksi Lomba Desa Pangan Aman Nasional.

Tahun 2022, Bupati Kotabaru juga memberikan dukungan yang dimulai dari Advokasi Lintas Sektor, Bimtek Kader Keamanan Pangan di 3 (tiga) Desa, dan Sosialisasi ke Komunitas (Ibu Hamil, Pelaku Usaha Ritel, Keluarga dengan Balita Stunting, dan Masyarakat Umum).

Sedangkan, Desa Hilir Muara yang mewakili Kabupaten Kotabaru dalam Lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional juga aktif melibatkan sektor terkait, dimana BPOM Banjarmasin sebagai selaku Pembina, Loka Pom di Kabupaten Tanah Bumbu, dan Dinas Terkait antara lain, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Camat Pulau Laut Sigam, Politeknik, PT. Arutmin, PT. Mubadala Energi, Kepala Desa Hilir Muara, Ketua TP.PKK Desa Hilir Muara.(adv/restu)

Editor : Amran