Demokrat Banjarmasin Minim Bacaleg Keterwakilan Perempuan

Ketua DPD Demokrat Kalsel, Ibnu Sina

BANJARMASIN, klikkalsel.com – DPC Partai Demokrat Kalsel menyatakan siap menyambut pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Partai nomor urut 14 ini juga mulai merekrut kadernya sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg).

Dalam pelaksanaan pemilu keterwakilan perempuan yang akan menjadi wakil mereka di parlemen juga menjadi syarat oleh KPU.

Hal tersebut tertuang dalam Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang mewajibkan partai politik mencalonkan calon legislatif perempuan sebesar 30 persen di setiap daerah pemilihan (dapil).

Untuk itu Partai Demokrat pun sudah mulai mempersiapkan para kadernya untuk maju dalam pesta demokrasi yang di gelar pada 2024 mendatang.

Bahkan persiapan tersebut telah dilakukan oleh Partai Demokrat dengan mengadakan acara sosialisasi petunjuk pelaksanaan dan bimtek bakal calon legislatif DPRD Kota Banjarmasin dan Bacaleg DPRD Provinsi Kalsel Dapil Kota Banjarmasin, pada Sabtu (24/12/2022).

Diketahui saat ini Demokrat telah mempersiapkan sebanyak 39 Bacaleg untuk ikut serta dalam memeriahkan pesta demokrasi ini. Namun Demokrat masih kekurangan keterwakilan perempuan di sejumlah Dapil di Banjarmasin.

Disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel, Ibnu Sina bahwa keterwakilan 30 persen perempuan tersebut merupakan hal yang wajib dipenuhi.

“Kalau memang belum terpenuhi harus dicari dari sekarang,” ujarnya, usai membuka kegiatan sosialisasi dan Bimtek Bacaleg Demokrat.

“Tapi saat ini kita mayoritas sudah terpenuhi. Hanya beberapa dapil saja yang masih belum,” lanjutnya.

Baca Juga : Bawaslu Kalsel Gandeng Media Massa Jadi Pengawas Partisipatif Pemilu 2024

Baca Juga : KPU dan Bawaslu Periksa Kantor Serta Berkas Kepengurusan 9 Parpol Non-parlemen di Kalsel

Untuk itu ia meminta kepada DPC Demokrat Banjarmasin agar bisa segera berkoordinasi dengan Bacaleg perempuan Demokrat yang potensial.

“Kalau perlu kita berkomunikasi dengan tokoh-tokoh perempuan, baik pemuka agama atau tokoh pemuda dimasing-masing dapil dan mudah-mudahan ada kesamaan visi untuk mencalonkan diri di Partai Demokrat,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Banjarmasin, Muhammad Syahreza mengatakan bahwa dikarenakan terdapat beberapa dapil yang masih kosong maka pihaknya akan membuka pendaftaran untuk gelombang kedua.

“Seperti yang disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat, Pak Ibnu Sina, maka kita akan membuka gelombang kedua,” bebernya.

“Sebenarnya untuk Bacaleg kita sudah 90 persen lebih terisi, kecuali keterwakilan perempuan tadi yang masih belum,” tambahnya.

Lantas bagaimana cara DPC Partai Demokrat Kalsel menarik warga untuk mencaleg di Partai Demokrat.

Berkaitan hal tersebut, pria yang akrab disapa Reza ini menerangkan bahwa sesuai dengan instruksi DPP Partai Demokrat bahwa pihaknya terbuka bagi siapa saja.

“Jadi kita terbuka saja baik itu kader ataupun non kader untuk bergabung, kita sangat terbuka,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran