Bupati Kotabaru Pantau Kerusakan Jalan Gunung Sari

KOTABARU, klikkalsel.com – Bupati Kotabaru Sayed Jafar, meninjau beberapa titik jalan Gunung Sari yang rusak akibat hujan deras.

Hujan yang mengguyur wilayah Kotabaru sejak senin (03/06/2024), mengakibatkan ruas jalan Desa Gunung Sari menyebabkan pergeseran tanah dan mengakibatkan jalan amblas.

Pada kesempatan itu, dengan rintik hujan dan berjalan kaki Bupati Kotabaru meninjau langsung mengenai jalan yang rusak didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Suprapti Tri Astuti.

Menurut Kadis PUPR Kotabaru, tingginya curah hujan mengakibatkan drainase pinggir jalan tidak bisa menampung air.

“Dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi pada tanggal 03 Juni 2024 sehingga drainase yang ada disepanjang ruas jalan Gunung Sari tidak bisa menampung debit air dan terjadi limpasan air ke jalan dan merembes masuk ke bawah badan jalan. Selain itu, kondisi tanah yang rentan terhadap air mengakibatkan badan jalan mengalami penurunan sepanjang 49 meter yang mengakibatkan aspal jalan mengalami keretakan yang cukup parah,” jelasnya

Baca Juga : Perayaan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke 74 Digelar Meriah

Baca Juga : Peringatan Harjad Kotabaru ke 74 Diwarnai Sidang Paripurna

Selain itu, Dinas PUPR Kotabaru terkait kerusak jalan pihaknya langsung mengerahkan alat berat ke lokasi.

“Dinas PUPR melakukan perbaikan dengan menurunkan 2 alat berat yaitu, Exca dan Exca Spyder untuk melakukan pengupasan aspal yang rusak dan penggalian agregat di bawah aspal. Sedangkan Exca Spyder diturunkan untuk melakukan pekerjaan penggalian drainase untuk selanjutnya akan dilakukan pemasangan Uditch di galian drainase tersebut,” ungkapnya.

Tambahnya, Dinas PUPR juga akan melakukan penimbunan sementara untuk bisa dilewati masyarakat sekitar.

“Penanganan sementara akan dilakukan penimbunan kembali dengan agregat badan jalan yang mengalami penurunan tersebut sehingga masyarakat dapat melewati,” Tuturnya.(adv/restu)

Editor : Amran