Bea Cukai Anugerahkan Penghargaan Spesial untuk Banjarmasin

Kepala Bea Cukai Banjarmasin, R Teddy Laksmana saat menyerahkan penghargaan ke Pemko Banjarmasin yang diterima Asisten 1 Setdako Banjarmasin Machli Riyadi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dinilai sebagai mitra kerja yang baik dan mendukung keberadaan UMKM, Pemerintah Kota Banjarmasin dianugerahi penghargaan spesial di awal bulan Maret 2024. Kali ini dari Kantor Bea Cukai Banjarmasin memberikan penghargaan sebagai Mitra Kerja Pendukung UMKM Berorientasi Ekspor.

Bea Cukai Banjarmasin sangat mengapresiasi komitmen Pemko Banjarmasin dalam mendukung sekaligus membina UMKM hingga naik kelas, termasuk bisa menembus pasar internasional.

Tak hanya itu dibawah kepemimpinan Ibnu Sina, perhatian terhadap UMKM sangat luar biasa. Karena dalam mendorong peningkatan UMKM di daerah dan memberikan fasilitas pembinaan kewirausahaan untuk menciptakan eksportir baru dari sektor UMKM

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara spesial bertajuk Customs Award 2024, di Calamus Room, Rattan In Hotel Banjarmasin, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga Rampungkan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, KPU Kota Banjarmasin Tuai Apresiasi

Baca Juga Rekapitulasi Ditingkat Kota Banjarmasin Selesai, Partai Golkar Rajai Perolehan Suara di Banjarmasin

Penghargaan bergengsi ini pun diserahkan Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, R. Teddy Laksmana, kepada Machli Riyadi, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setdako Banjarmasin, mewakili Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, R. Teddy Laksmana sekaligus mengatakan penghargaan itu salah satu bentuk terima kasih dan apresiasi Bea Cukai Banjarmasin semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi selama tahun 2023, salah satunya adalah Pemerintah Kota Banjarmasin dibawah duet kepimpinan solid, Ibnu Sina dan Arifin Noor.

“Penghargaan ini diberikan atas kerja sama dan dukungan dari Pemerintah Kota Banjarmasin terhadap UMKM,” tuturnya.

“Diharapkan kerja sama yang selama ini telah terjalin baik dengan Pemerintah Kota Banjarmasin dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan,” sambungnya.

Teddy Laksmana sendiri juga berharap di tahun 2024 ini Bea Cukai Banjarmasin bisa memperoleh capaian yang semakin gemilang dan terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Sekali lagi terima kasih kepada dukungan semua pihak. Dan kegiatan ini juga bentuk syukur atas capaian Bea Cukai Banjarmasin yang telah memperoleh penerimaan negara sebesar Rp135.765.908.000 terdiri atas Bea Masuk sebesar Rp125.064.547.000, Bea Keluar sebesar Rp7.435.196.000 dan Cukai sebesar Rp3.266.165,” ucapnya.

Machli Riyadi, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setdako Banjarmasin atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin sangat berterima kasih sekaligus mengapresiasi Bea Cukai Banjarmasin dengan penghargaan spesial dalam katagori Mitra Kerja Pendukung UMKM Berorientasi Ekspor.

“Pemko Banjarmasin sangat konsen dalam mendukung UMKM termasuk mendorong mereka lebih produktif, inovatif dan bisa berkontribusi positif bagi daerah, seperti halnya produk mereka bisa menembus ekspor. Kami sangat juga sangat berterima kasih dengan sinergi yang terjalin sangat baik selama ini antara pemerintah Kota Banjarmasin dengan Bea Cukai,” ujarnya.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menurutnya sangat konsen sekali kepada perkembangan UMKM di kota Seribu Sungai ini. Beragam pola dan program dicanangkan dalam mendorong mereka tumbuh dan mandiri hingga bisa menembus pasar secara luas serta ekspor.

Salah satu yang krusial adalah bagaimana peran Pemko Banjarmasin bertekad mempertahankan program kawal inkubator pada tahun ini, dalam upaya mengawal peningkatan kualitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banjarmasin.

Tentunya hal ini selaras dengan tujuannya untuk membina secara berkelanjutan terhadap 39 ribu wirausahawan baru. Banjarmasin bahkan juga telah memiliki Program Bausaha Tanpa Bunga (Bahuma) untuk wira usaha baru yang didukung Bank Kalsel.(adv/busairi)

Editor : Amran