Gigit Seorang Anak, Empat Anjing Liar Dibius

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Empat ekor anjing liar terpaksa harus dibawa oleh petugas BPBD dari Tim Animal Rescue Kota Banjarmasin, Kamis (24/9/2020)

Pengevakuasian empat anjing liar tersebut dilakukan karena sebelumnya Regu III piket siaga BPBD Kota Banjarmasin, setelah mendapat informasi adanya kasus anjing menggigit seorang anak yang sedang asik bermain di lapangan parkir mobil truk di kawasan Jalan Gubernur Soebarjo, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Salah seorang anggota Animal Rescue Banjarmasin, Hanafi mengatakan, pada awalnya, pihaknya mendapatkan laporan dari Ketua RT melalui whatsapp terkait adanya kejadian gigitan anjing liar.

Sehingga pihaknya langsung berkoordinasi dengan anggota Animal Rescue Banjarmasin lainnya yang berasal dari Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) DKP3, K-9 Polda, dan BKSDA yang langsung menuju ke lokasi dilaporkan.

Sesampainya di sana, petugas dikagetkan dengan jumlah anjing liar yang berada di lokasi kejadian.

“Jumlah anjing liar di sana kurang lebih 20 ekor. Jadi kita langsung bergegas melakukan pemantauan dan menyiapkan peralatan khusus untuk proses evakuasi,” ujarnya

Dengan memaksimalkan petugas dan peralatan yang ada, pihaknya berhasil mengevakuasi 4 ekor anjing liar yang dilakukan dengan cara dibius.

“Untuk sisanya nanti akan kita lakukan proses evakuasi kembali, tapi menunggu keadaan tenang dulu, supaya hasilnya lebih maksimal,” katanya.

Selain itu, kondisi korban yang di gigitan anjing. Hanafi menyebut, saat ini si anak masih dalam proses perawatan di rumah sakit. Sedangkan untuk anjing yang berhasil dievakuasi akan diserahkan ke tempat karantina milik Tim K9-Polda Kalsel.

“Beruntung saat diperiksa gigitan anjing tadi tidak terdapat virus rabies,” pungkasnya. (airlangga)

Editor : Akhmad

Tinggalkan Balasan