Minimalisir Dampak Kebakaran, Siskamling Diminta Diaktifkan

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Banjarmasin Eddy Junaidi. (foto : farid/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kebakaran merajalela di Banjarmasin, selama pertengahan Sepetember 2019 ini saja sudah terjadi beberapa kali kebakaran.

Seperti kawasan Alalak Selatan yang meludeskan 64 unit rumah, lalu kawasan Jalan Soetoyo S, hingga Kampung Arab yang meludeskan belasan tempat tinggal warga.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Banjarmasin Eddy Junaidi ikut prihatin atas musibah kebakaran yang melanda sejumlah pemukiman di Banjarmasin.

“Saya turut prihatin, apalagi musibah kebakaran yang terjadi dalam rentan waktu singkat,” ujar wakil rakyat dapil Banjarmasin Tengah ini saat diwawancarai wartawan, di ruang Fraksi Demokrat DPRD Banjarmasin, Senin (16/9/2019).

Mengantisipasi dan mencegah dampak kebakaran meluas, ia meminta sistem Sikamling di tiap pemukiman diaktifkan kembali. Sebab, jumlah rumah yang terbakar rata-rata paling banyak, saat kebakaran terjadi di malam hari.

Paling tidak, kata dia, kemunculan api lebih dahulu diketahui sehingga api lebih cepat diantisipasi dan tidak mudah menyebar.
“Dengan begitu, dapat meminimalisir kebakaran,” timpalnya.

Selain itu, ia berharap, mengantisipasi juga ada koordinasi BPPD, dinas sosial, dan instansi terkait lainnya.

Terutama, sebutnya, dalam hal penyediaan dan memperbanyak hidran di kawasan yang sulit dijangkau air. “Pengalaman saya, api meluas biasanya karena petugas pemadaman kesulitan mendapatkan air,” tandasnya. (farid)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan