Penyerahan Data Saksi yang Diminta Bawaslu, Bukan Kewajiban Parpol

Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin Hj Ananda. (foto : dok/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sampai saat ini belum ada satupun partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 yang menyerahkan data saksi tiap-tiap TPS yang diminta Bawaslu Banjarmasin.

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin Hj Ananda tidak ada kewajiban bagi Parpol menyerahkan data saksi untuk diikutkan diklat yang dilakukan penyelenggara Pemilu tersebut.

“Mereka hanya memberikan imbauan, jadi sifatnya bukan kewajiban,” ujarnya kepada wartawan, saat di ruang kerjanya, di DPRD Banjarmasin, Rabu (13/3/2019).

Ia menyatakan, partainya saat ini memang belum menyerahkan data saksi kepada Bawaslu setempat. Ada beberapa spesifikasi yang mesti dimiliki oleh saksi partai.

Sebab, ada peraturan dari DPP Golkar terkait saksi yang harus dipenuhi. Sehingga Golkar Banjarmasin mau tidak mau harus melakukan bongkar pasang. Aturannya, saksi partai harus mempunyai handphone berbasis android dan berdomisili di TPS terdekat.

“Totalnya ada sembilan kriteria harus kami penuhi. Salah satunya memiliki HP jenis Ios atau smartphone. Kalau jumlah saksi, kami sudah siap,” ucapnya di DPRD Banjarmasin, Rabu (14/3/2019).

Terkait saksi partai yang akan mengikuti diklat di Bawaslu Banjarmasin, diakuinya, Golkar memang belum menyerahkan berkas data saksinya. Dan dari informasi rekannya sesama politisi, lanjutnya, menyerahkan data saksi hanya merupakan imbauan, bukan merupakan kewajiban.

“Jadi itu informasinya. Apakah menyerahkan data saksi untuk mengikuti diklat di Bawaslu atau tidak, itu diserahkan ke partai,” jelasnya.

Ketua DPRD Banjarmasin ini menyebutkan, pelatihan atau diklat yang akan dilaksanakan oleh Bawaslu untuk para saksi partai, Golkar Banjarmasin pun juga mempunyai agenda serupa.

“Secara kepartaian, partai kami punya diklat sendiri, ada aplikasi yang akan diberikan kepada saksi. Tapi, kalau itu memang diwajibkan, kami siap saja menyerahkan data saksi,” tandasnya. (farid)

Editor : Alfarabi

Tinggalkan Balasan