Jumat, September 17, 2021

58 Ton Liquid Oksigen Tiba di Pelabuhan Trisakti

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sebanyak 3 ISO Tank Liquid Oksigen didatangkan dari Surabaya, guna memenuhi kebutuhan oksigen yang semakin menipis disejumlah rumah sakit di Kalimantan Selatan.

Liquid Oksigen atau oksigen cair sebanyak kurang lebih 58 ton yang diangkut KM Meratus Kendari 1 tersebut tiba di Pelabuhan Trisaksi, Minggu 25/7/2021) malam.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA saat meninjau bongkar 3 ISO Tank Liquid Oksigen mengatakan, pada waktu normal oksigen sebanyak ini dapat digunakan untuk 1 minggu.

Namun di kondisi ini, ia menduga kemungkinan hanya akan bertahan untuk 3 hingga 4 hari penggunaan.

“Tapi tidak perlu khawatir, karena kita juga akan dapat kiriman dari Bontang. Selain dari perusahaan yang ada di Kalsel yang bisa memproduksi untuk 600 tabung,” jelasnya.

Guna mengawasi penyaluran oksigen terdistribusi dengan baik kepada rumah sakit yang cadangan oksigennya menipis, pihaknya telah membentuk Satgas Oksigen.

Ia pun telah meminta penggunaan oksigen yang datang dikonsentrasikan untuk pemenuhan medis dibanding perusahaan-perusahaan yang juga menggunakan oksigen dalam operasionalnya.

“Jadi kita minta untuk konsentrasi dan prioritasnya kepada rumah sakit,” ungkapnya.

Selain itu, Safrizal pun telah meminta kepada perusahaan Meratus Line untuk memprioritaskan ISO Tank yang membawa oksigen ke Kalsel untuk naik ke kapal dari pada barang lain.

Sehingga distribusi oksigen tidak terputus di tengah kebutuhan yang semakin meningkat.

Sementara itu Kepala Cabang Meratus Line Banjarmasin, Ardian Zamroni saat dihubungi klikkalsel.com mengaku telah menghubungi Kantor Cabang Meratus Line Surabaya untuk menyiapkan space khusus guna mengangkut ISO Tank ke Kalsel.

“Kita siapkan space khusus untuk dinaikan pertama ke kapal. Begitu pula saat dibongkar di Banjarmasin, kita sudah minta kepada CEO Pelindo guna diturunkan pertama kali” ucapnya.

Selain prioritas bongkar muat, pihaknya pun mengaku memangkas birokrasi terkait dokumen-dokumen bongkar muat khusus untuk ISO Tank ke Kalsel.

“Kita sudah komitmen untuk prioritaskan sebagai dukungan untuk penanganan Covid-19 di Kalsel. Mungkin 3 hari lagi bakal ada pengiriman lagi,” pungkasnya. (david)

Editor : Akhmad

Related Articles

terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan