Tak Berlaga di Porkab Tabalong 2020, Atlet Jangan Harap Ikut Porprov 2021

Ketua KONI Kabupaten Tabalong, Akhmad Helmi. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Menjaring atlet-atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Kabupaten Tabalong akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) pada 2020 mendatang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabalong, Akhmad Helmi mengatakan, dalam pelaksanaannya, untuk sementara pihaknya hanya akan menginvetarisir cabang-cabang olahraga yang berpotensi meraih medali di Porprov XI.

“Tidak menutup kemungkinan cabang-cabang olahraga yang masih dalam tahap pembinaan untuk dilakukan penjaringan juga atlet-atletnya di Porkab,” ujarnya saat menggelar Rapat Anggota KONI (RAKON) Tabalong 2019 Menyongsong Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) 2020 dan persiapan menuju Porprov XI 2021 di Hotel Aston Tanjung, Kamis, (5/9/2019).

Helmi juga menegaskan, untuk atlet yang tidak berpartispasi pada PORKAB 2020 dipastikan tidak akan diikutsertakan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI di HSS 2021 mendatang.

Hal itu mengingat, pihaknya ditargetkan oleh Bupati Tabalong untuk mempertahankan gelar yang diraih Tabalong pada Porprov X lalu, yang mana Tabalong sebagai tuan rumah penyelenggara berhasil meraih peringkat ketiga.

“Jadi kalau atlet yang tidak masuk dalam penjaringan PORKAB, cabor-cabor tidak akan mengakomodir,” tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, sebagai upaya meningkatkan prestasi altet pihaknya telah mengirimkan beberapa orang pelatih dari beberapa cabang olahraga ke luar daerah untuk mengikuti program sertifikasi sebagai pelatih.

Sementara itu, Bupati Tabalong dalam sambutannya saat membuka Rapat Anggota KONI (RAKON) Kabupaten Tabalong 2019 Menyongsong Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) 2020 dan persiapan menuju Porprov XI 2021 mengatakan, Tabalong harus mampu mempertahankan peringkat tiga yang dulu diraih pada Porprov X.

Bupati ingin mengetahui, apakah peringkat ketiga yang dulu diraih merupakan murni prestasi atlet atau faktor keberuntungan dikarenakan Tabalong sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov X.

“Apakah peringkat tiga yang kita dapat memang betul karna prestasi atau hanya karna kita diuntungkan sebagai tuan rumah. Saya berharap ini karna prestasi, karnanya silahkan mulai direncanakan oleh masing-masing cabor,” ujarnya. (arif)

Editor : Farid