Mengembangkan Potensi dengan Wirausaha

Seminar terbuka mahasiswa meningkatkan kemampuan lain dan menambah kualitas dan potensi diri. (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Selain kemampuan dibidang akademik mahasiswa hendaknya memiliki kemampuan lain guna menambah kualitas dan potensi diri. Sehingga jika mereka lepas dari bangku kuliah tidak berharap dari satu kemampuan saja atau penguasaan bidang tertentu.

Seminar terbuka mahasiswa meningkatkan kemampuan lain dan menambah kualitas dan potensi diri. (foto : azka/klikkalsel)

Kemampuan menambah kualitas dan potensi diri hal tersebut disampaikan Ketua Program Studi Bimbingan Konseling (BK) Dr Ali Rachman, disela kuliah Tamu  mahasiswa BK, Sabtu  24 Februari 2018 di Aula BK Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Unlam).

Dikatakannya, mengenalkan kewirausahaan tersebut salah satu program BK Unlam dan juga berkontribusi meningkatkan perekonomian.

“Jika tak menjadi tenaga pengajar atau pendidik dengan pengetahuan di luar akedemik, salah satunya kewirausahaan bisa mengembangkan potensi tersebut,” tutur Ali Arachman.

Dalam kuliah umumnya, pengusahan sukses DR H Maskur mengatakan,  suatau negara mampu untuk berkembang secara mandiri apabila jumlah wirausahanya dua persen dari jumlah penduduk.

Menurutnya, sebagai generasi penerus tak ada salahnya peran mahasiswa sebagai penyambung pembangunan dan kemajuan bangsa menjadi sebagai wirausahawan muda sehingga diharapkan selain peningkatan ekonomi suatu daerah seperti membuka lapangan kerja baru.

“Jika banyak para wirausahawan tentunya banyak menyerap lapangan pekerjaan semoga saja dengan kuliah umum tersebut para mahasiswa dapat mengembangkan potensi pengetahuannya,” tandasnya.

Sementara itu dalam kuliah tamu tersebut diikuti sebanyak 295 mahasiswa jurusan BK, dengan mengusung tema ‘Semangat Berwirausaha Mahasiswa di Era Industri Kreatif’.(azka)

Editor : Amran